Defisit Trilyunan Rupiah, Audit BPJS Kesehatan Harus Dibuka
Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Informasi Pusat RI untuk membuka hasil audit terkait BPJS Kesehatan. Audit dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI atas permintaan Kementerian Keuangan RI. Hasil audit tersebut menjadi dasar pemerintah memberikan dana talangan sebesar Rp 10,1 triliun.
ICW tengah melakukan proses sengketa informasi melawan BPKP di Komisi Informasi Pusat. Sengketa informasi ICW ajukan karena BPKP menolak memberikan dokumen hasil audit BPKP terkait BPJS Kesehatan. BPKP beralasan bahwa dokumen tersebut adalah informasi yang dikecualikan berdasarkan UU no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).
ICW meminta dokumen tersebut didasari alasan bahwa program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan tengah bermasalah. Pemerintah RI melalui Kementerian Keuangan bahkan telah berkali-kali memberikan dana talangan dalam jumlah besar akibat defisit yang dialami.
Pada pertengahan tahun 2018, BPJS Kesehatan diproyeksikan mengalami defisit sebesar RP 10,98 triliun. Kementerian Keuangan lalu memberi dana talangan hingga RP 4,9 triliun guna menutupi defisit. Masih di tahun yang sama, defisit kembali ditemukan dengan jumlah mencapai Rp 6,12 triliun. Untuk kedua kalinya Kementerian Keuangan lalu menyuntikkan dana talangan hingga Rp 5,2 triliun.
Jumlah defisit dan yang dijadikan dasar Kementerian Keuangan untuk memberikan dana talangan sebesar Rp 10,1 triliun adalah hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh BPKP. Atas alasan itu pula ICW bersikukuh mengadukan BPKP ke Komisi Informasi Pusat.
Pada November 2019, pemerintah kembali menyatakan akan kembali memberi dana talangan sebesar Rp 14 triliun kepada BPJS Kesehatan. Ini dilakukan guna melunasi iuran kepesertaan pasca kenaikkan dana iuran pada Agustus 2019. Dengan demikian ICW mencatat sedikitnya pemerintah menyuntikkan dana talangan kepada BPJS sebesar Rp 22,1 triliun. Per akhir Desember 2019, BPJS juga masih mengalami defisit sebesar 15,5 triliun.
Jumlah tersebut jelas tidak sedikit. Oleh karena itu dokumen hasil audit yang dilakukan BPKP perlu diketahui oleh publik luas. Publik sebagai pembayar pajak dan pihak yang diwajibkan mengikuti program JKN mesti mengetahui segala permasalahan yang ada dalam pengelolaannya.
Melupakan Marwah Pelayan Publik dan Keterbukaan Informasi
Sidang sengketa informasi ICW melawan BPKP telah digelar sebanyak tiga kali. Pada persidangan kedua (5/02/20), BPKP kembali menyatakan bahwa hasil audit tersebut bersifat tertutup dengan mendasarkan pada kategori informasi dikecualikan dalam UU KIP. Pada persidangan ketiga (12/02/20), BPKP menyebut bahwa dokumen tersebut memang bersifat terbuka, namun BPKP tidak berwenang memberikannya. Sidang akan dilanjut pada Kamis (12/02/20).
Menurut BPKP, yang berwenang untuk memberikan dokumen yang ICW minta adalah Kementerian Keuangan RI. Ini dikarenakan Kementerian Keuangan adalah pihak yang meminta BPKP untuk melakukan audit terkait BPJS Kesehatan. Oleh karenanya ICW didorong untuk meminta informasi tersebut kepada Kementerian Keuangan. BPKP sebagai internal auditor pemerintah beralasan bahwa mereka terikat secara etik untuk tidak memberikan dokumen tersebut kepada pihak lain selain yang memintanya.
Menanggapi itu ICW menyayangkan pernyataan pihak BPKP. Pertama, dalam persidangan sengketa informasi, BPKP tidak menyampaikan alasan kuat secara hukum yang mendasari keputusan mereka untuk tidak memberikan informasi hasil audit BPJS Kesehatan.
Kedua, dari segi etika BPKP justru terkesan melupakan marwah dirinya sebagai pelayan publik dan semangat keterbukaan informasi. Sebagai pelayan publik, BPKP harus mendahulukan kepentingan publik dibanding hubungannya dengan instansi lain.
BPKP semestinya adalah pihak yang meminta izin kepada Kementerian Keuangan untuk dapat memberikan dokumen hasil audit BPJS Kesehatan kepada warga. Bukan justru merepotkan warga yang memohon informasi dengan mendorongnya untuk meminta kepada Kementerian Keuangan. Hal ini jelas bertentangan dengan prinsip etika publik dan semangat keterbukaan informasi.
Lebih lagi, BPKP termasuk dalam kategori badan publik yang diatur dalam UU 14 tahun 2008, sehingga BPKP harus tunduk terhadap ketentuan dalam UU tersebut. Karenanya tidak ada alasan bagi BPKP untuk tidak memberikan informasi hasil audit yang diminta, terkecuali BPKP dapat membuktikannya melalui peraturan-peraturan lain yang lebih tinggi atau setara dengan UU tersebut.
Program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS Kesehatan per 31 Oktober 2019 telah diikuti oleh 222.278.708 jiwa. Lebih lagi pemerintah telah memberikan dana talangan yang berasal dari pajak milik warga negara hingga Rp 22,1 triliun. Sebab itu kecurangan, penyelewengan, dan segala permasalahan lain terkait BPJS Kesehatan mesti diketahui oleh publik luas.
Demi kepentingan publik yang lebih besar, Komisi Informasi Pusat dapat memutuskan bahwa informasi hasil audit terkait BPJS Kesehatan adalah informasi yang terbuka. Perlu juga diingat bahwa hasil audit tersebut pernah disampaikan kepada DPR RI, sehingga sifatnya tidak lagi tertutup.
Oleh karena itu ICW mendesak agar:
1. Komisi Informasi Pusat memutuskan bahwa informasi hasil audit terkait BPJS Kesehatan yang dilakukan oleh BPKP adalah informasi publik yang terbuka dan dapat diakses secara luas
2. Komisi Informasi Pusat membatalkan Keputusan Kepala Biro Hukum dan Humas BPKP yang memutuskan hasil audit BPKP adalah informasi yang dikecualikan hingga jangka waktu 30 tahun
3. BPKP tidak lagi menolak segala permintaan informasi oleh warga terkait hasil audit dan seluruh hasil kerja BPKP
4. BPKP mengumumkan seluruh instansi yang pernah dan akan meminta untuk dilakukan audit di dalam situs resmi BPKP
Jakarta, 19 Februari 2020
Indonesia Corruption Watch
Egi Primayogha – Wana Alamsyah