Roadshow Keluarga Anti Korupsi Dimulai

Antikorupsi.org, Banda Aceh & Padang, 11 April 2016 – Album anti korupsi bertajuk ‘Lagu Anak Hebat’ kembali diluncurkan. Kali ini peluncuran dilakukan dengan melakukan roadshow di berbagai wilayah di Indonesia.

Kota pertama yang melakukan peluncuran album ialah Banda Aceh. Kegiatan digelar hari Sabtu, 9 April 2016 di Balai Kota Banda Aceh. Kegiatan dilakukan atas kerjasama Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA).

Pada kesempatan itu, puluhan anak beserta orang tua yang mendampingi berpartisipasi dalam rangkaian acara. Acara diisi dengan lomba mewarnai, pembacaan dongeng dan talkshow Parenting Anti Korupsi.

Talkshow diadakan bersamaan saat anak-anak mengikuti lomba mewarnai. Hal itu dilakukan agar orangtua mendapat pemahaman tentang korupsi untuk menularkannya kepada anak dan keluarganya masing-masing.

Hadir pada talkshow tersebut akademisi UIN Ar Raniry Dr. Jabbar Sabil MA, aktivis pendidikan Ria Hidayati, dan pencipta lirik Lagu Anak Hebat Djito Kasilo.

Djito Kasilo dalam pemaparannya mengatakan pentingnya menanamkan perilaku antikorupsi sejak dini. “Lagu bisa jadi cara yang efektif,” katanya. Keluarga menurut Djito harus berperan aktif dalam menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran, keberanian, dan kesederhanaan.

Acara lalu ditutup dengan deklarasi Keluarga Anti Korupsi. Deklarasi dilakukan sebagai upaya agar komitmen Keluarga Anti Korupsi dapat terus berlanjut.

Keesokan harinya di Hotel Axana Padang, Minggu, 10 April 2016, roadshow kembali digelar. Kali ini, puluhan anak berpartisipasi dalam rangkaian acara yang serupa dengan peluncuran di Banda Aceh. Acara diadakan atas kerjasama ICW dengan Pusako dan Integritas.

Talkshow digelar menghadirkan Direktur Nurani Perempuan Yefri Herian, Sekretaris Daerah Kota Padang Vidal Triza, Ketua Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Provinsi Sumatera Barat Ratna Wilis, Program Assistant Management System International Anisa Syifa, Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Padang Sri Ratmawati, dan pencipta lagu anak Djito Kasilo.

(Egi / Asri)

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan