Korupsi Bulog; Widjokongko dan Rinaldy Puspoyo Diperiksa Jaksa

Keluarga mantan Direktur Utama Perusahaan Umum Bulog Widjanarko Puspoyo, Rabu (4/4), mulai diperiksa penyidik Bagian Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung. Penyidik mulai memeriksa adik Widjanarko, Widjokongko Puspoyo, dan Rinaldy Puspoyo (anak Widjanarko). Keduanya diperiksa sebagai saksi perkara dugaan korupsi penerimaan dana ilegal dalam pengadaan komoditas oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) yang diduga melibatkan Widjanarko.

Widjokongko dan Rinaldy tiba di Gedung Bundar Kejagung sekitar pukul 10.05, didampingi sejumlah pengacaranya, antara lain Teguh Samudra, Bonaran Situmeang, dan Bahari Gultom. Kedatangan mereka menimbulkan kehebohan wartawan yang ingin mengambil gambar dan foto serta pendapat mereka.

Namun, keduanya tak bersedia berkomentar. Sekitar pukul 18.00, Widjokongko dan Rinaldy serta pengacara mereka baru turun dari lantai lima Gedung Bundar Kejagung, tempat pemeriksaan itu berlangsung.

Widjokongko yang memakai kemeja warna putih dengan dasi warna merah marun memilih bungkam saat ditanya wartawan tentang aliran dana dari Vietnam Food melalui PT Tugu Utama ke PT Arden Bridge Investment Limited miliknya. Ia hanya tersenyum tipis sambil bergegas masuk ke mobilnya.

Rinaldy yang mengenakan topi untuk naik gunung dan di telinganya terpasang earphone juga bungkam hingga masuk mobil.

Teguh Samudra, yang mendampingi Widjokongko saat diperiksa jaksa Kuntadi, mengatakan, tak ada aliran dana dari Widjanarko untuk kliennya. Tak ada perubahan status bagi Widjokongko yang dicecar 35 pertanyaan. Ini masalah beli rumah saja, katanya.

Bonaran Situmeang yang mendampingi Rinaldy saat diperiksa jaksa Andi Darmawangsa menuturkan, kliennya menerima 33 pertanyaan, antara lain tentang kegiatannya dan aliran dana dari Widjanarko. Saat ditanya wartawan, apakah Rinaldy menerima uang dari ayahnya, Bonaran mengatakan, Rinaldy kan mahasiswa di Amerika Serikat (AS). Dia terima uang dari ayahnya.

Rinaldy, lanjut Bonaran, baru kembali ke Indonesia tahun 2006. Kiriman uang dari ayahnya selama Rinaldy tinggal di AS diterimanya tanpa tahu dari mana sumbernya. Ya, kalau dari bapaknya, kan namanya anak sekolah. Setiap bulan ya terima duit, katanya.

Rencananya, hari Kamis (5/4) ini jaksa kembali memeriksa keluarga Widjanarko. Rencananya yang akan diperiksa adalah istri Widjanarko, Ny Endang Puspoyo, serta anak dan menantunya, yakni Winda Puspoyo dan Andre.(idr)

Sumber: Kompas, 5 April 2007

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan