Langganan Jaringan Internet DPR Capai Rp 200 Juta per Bulan

Satu tahun belakangan ini, jaringan internet di DPR terus ditingkatkan. Kapasitasnya dari 2 megabyte menjadi 5 megabyte. Perangkat kerasnya pun diperbarui dengan teknologi canggih.

Menurut Kepala Bidang Data dan Sarana Informasi Setjen DPR Totot Sugiharto, total anggaran untuk perangkat keras sekitar Rp 2 miliar. Sedangkan untuk berlangganan jaringan internet, Rp 200 juta per bulan, kata Kepala Subbid Data Purnomo Hadi.

Dengan peningkatan jaringan internet ini, 550 anggota DPR dapat mengakses internet lebih cepat. Situs http://www.dpr.go.id. pun diperbarui perwajahannya dan ditambah banyak fasilitas. Setiap alat kelengkapan DPR, komisi atau badan, dapat dengan cepat memasukkan data ke situs. Dengan begitu, publik pun bisa segera mengetahui produk-produk yang dihasilkan DPR.

Sayangnya, menurut Totot, kecanggihan jaringan internet ini belum dioptimalkan seluruh komisi atau badan sehingga isinya masih banyak kosong. Padahal, pengunjung situs DPR mencapai 1.000 pengguna per hari dan dibaca 45 negara. Harapan bahwa jadwal reses anggota DPR bisa dipublikasikan di situs sangat mungkin, katanya. (sut)

Sumber: Kompas, 17 Oktober 2006

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan