Pendaftar Komisi Antikorupsi Kebanyakan Pensiunan

Hingga hari ke-12 pendaftaran pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi, jumlah pendaftar telah mencapai 70 orang. Paling banyak pensiunan, kata salah satu anggota staf panitia seleksi pemimpin KPK, Lilik Absar, kepada Tempo kemarin. Lilik tak menyebut berapa jumlah pensiunan dan dari mana asalnya.

Kata Lilik, Senin lalu ada 60 berkas yang masuk. Hari berikutnya ada 7 berkas diantar langsung dan tiga berkas lainnya dikirim lewat pos, ujarnya.

Sebelumnya, hingga hari kedelapan, jumlah pendaftar pemimpin KPK baru 42 orang. Dari jumlah yang masuk sampai kemarin, tidak ada perubahan dari profil orang-orang yang mendaftarkan diri. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, seperti konsultan keuangan, pensiunan, advokat, mantan hakim ad hoc pengadilan tindak pidana korupsi, dan penilai publik.

Pendaftaran calon pemimpin KPK telah dimulai pada 14 Juni lalu. Pendaftaran akan ditutup 3 Juli mendatang. Rencananya, hasil seleksi tiap tahap akan diumumkan di media massa. Pada 5 Oktober mendatang, dijadwalkan sepuluh nama sudah disampaikan kepada Presiden. Panitia seleksi mentargetkan pelantikan pemimpin baru dapat dilaksanakan pada 19 Desember 2007, sebelum masa jabatan pemimpin KPK 2003-2007 selesai 29 Desember mendatang. Reh Atemalem Susanti

Sumber: Koran Tempo, 27 Juni 2007

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan