Perluasan Bandara Rencana Lama

Direktur Operasional Teknik PT Angkasa Pura II I Gusti Made Dhordy mengatakan Bandara Soekarno-Hatta sejatinya akan diperluas menjadi 2.500 hektare dari sebelumnya 1.805 hektare.

Itu rencana lama, kata Dhordy. Menurut dia, bandara perlu diperluas karena harus menambah sejumlah fasilitas, di antaranya terminal baru, pembangunan jalur kereta api menuju bandara, dan landas pacu (runway).

Hal itu terkait dengan jumlah penumpang yang terus bertambah. Data Angkasa Pura II menyebutkan pada 2001 jumlah penumpang mencapai 16 juta orang. Padahal tahun sebelumnya hanya 9 juta.

Menurut Dhordy, rencana perluasan bandara itu sudah dimatangkan oleh tim khusus di bawah PT Angkasa Pura Schipol. Tim ini juga sudah membuat master plan rencana induk pengembangan bandara itu.

Saat ini akses masuk menuju Bandara Soekarno-Hatta hanya melewati dua pintu, yakni melalui jalan tol Profesor Dr Sedyatmo (pintu utama) dan Jalan Daan Mogot, Kalideres. Nantinya akan dibangun jalan masuk lain dari Kapuk menuju terminal baru, katanya.

Sebenarnya kasus ini sudah dilaporkan ke Kejaksaan Tinggi Banten pada 2004. Pelapornya sebuah lembaga swadaya masyarakat. Tapi hingga kini kasusnya terbengkalai. AYU CIPTA

Sumber: Koran Tempo, 14 Juni 2006

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan